Minggu, 10 Juni 2012

LATAR BELAKANG PANTAI SANUR

 SEJARAH PANTAI SANUR
 postingan kali ini saya ambil dari KARYA TULIS salah satu teman saya,,,,silahkan dibaca semoga bermanfaat, kalau ada pertanyaan tinggal komen aja

Pantai Sanur terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan Kota madya Dati II Denpasar. Pantai ini terletak di sebelah Timur dan Selatan Desa Sanur, yang merupakan tepi samudra Indonesia sebelah Selatan Pulau Bali. Tempat itu terkenal sejak dahulu kala, terutama ketika terjadi perang Puputan Badung pada tanggal 20 September 1906 dimana Belanda mendaratkan tentaranya disana. Dalam sejarah Bali kuno Pantai Sanur juga terkenal, dan masih ada tugu batu tertulis yang merupakan Prasasti Raja Kasari Warmadewa yang berkeraton di Singhadwala tahun 1917, dimana sekarang terdapat di Blanjong Bagian Selatan Pantai Sanur. Di kalangan pariwisata, Pantai Sanur pertama kali diperkenalkan oleh pelukis Belgia bernama A.J.Le Mayeur bersama istrinya Ni Polok yang menetap disana sejak tahun 1937 dan mengadakan pameran lukisan karyanya sendiri.
Pantai Sanur terkenal karena pemandangan dan atmosfir yang indah. Pasir putih yang menutupi pantai sepanjang Hotel Bali Beach hingga ke selatan (Pantai Mertasari). Pantai ini menghadap kearah Timur sehingga akan selalu dapat menikmati keindahan matahari terbit, dan pada sore hari di daerah pantai akan mendapatkan suasana yang sepesifik. Secara umum Sanur merupakan tempat berlibur yang menginginkan suasana tenang.
Disisi lain Pantai Sanur dimanfaakan oleh masyarakat Hindu setempat dan masyarakat Kota Denpasar untuk menyelenggarakan adat budaya setempat. Kondisi ini perlu dilindungi karena Pantai Sanur merupakan kawasan suci. Pantai Padanggalah merupakan teluk yang berpasir hitam, dan seperti bagian lain dari Pantai Sanur, kawasan ini digunakan untuk upacara keagamaan.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

DAFTAR DISINI

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Ads 468x60px

Featured Posts