Sabtu, 26 Mei 2012

CONTOH PIDATO


 
CONTOH PIDATO

Assalamualaikum Wr.Wb.
Pada hari ini kita dapat berkumpul di masjid dan melaksanakan sholat jum’at dengan keadaan sehat walafiat. Pertama-tama marilah kita meningkatkan takwa kepada Allah SWT, yaitu dengan mengerjakan perintah-perintahnya dan menjauhi larangannya selanjutnya perlu kita ketahui bahwa ahirat dan tauhit hanyalah mengesakan Allah SWT sedangkan kemusrikan hanyalah menyekutukan Allah SWT. Dua hal ini bertentangan dan tidak bisa menyatu dalam kholbu manusia untaian kalimat tadi mengisyaratkan pada kita khusus saya umat bergama islam, bila kita menyakini tiada Tuhan selain Allah SWT, tiada penyelamat selain Allah SWT, tiada tempat bersandar selain Allah, tiada raja langit dan bumi selain Allah. Maka pada saat ini pula kita harus membersihkan hati sekaligus membentenginya dari anggapan, kepercayaan, apalagi keyakinan ada kekuatan lin yang mampu memberi manfaat dan madhorot selain Allah, sebab itulah mental syirik bila dibiarkan atau terus merusak, menggrogoti, melemahkan, melumpuhkan bahkan melurulantahkan akhidah tauhid kita yang selama ini kita jaga dan pelihara sampai ahir hayat. 
Ø  Pertanyaanya
Bagaimana strategi kita dalam menjaga akqidah tidak tercemar virus syirik ?
Ø  Jawabannya
Menjaga akqidah dari kemusyrikan adalah tema yang akan kami bahas dalam kesempatan khutbah hari ini.
Dengan meerujuk Al-Qur’an surat Lukman ayat 13 artinya :
Wahai ankku janganlah mempersekutukan Allah SWT sesungguhnya perbuatan mempersekutukan Allah SWT itu merupakan kezoliman yang besar.
Hadirin siding jum’at rohimmakumuwllah.
Dari rangkaian firman Allah tadi terukir satu kesan yang sangat mulia dari Lukman Nur Hakim adalah salah nama seorang filosof yang disebut di dalam Al-Qur’an bahkan beliau juga seorang coordinator para filosof setelah nabi Idris, hal ini tebukti bahwa tidak kurang 15.000 ungkapan-ungkapan pesan moral dan etika Lukman yang menyebar dan menjadi acuan para filosof.
Dan begitu juga beliau sebagai bapaknya tauhid, seorang monoteis, sosok ini tergambar dari larangan kerasnya berbuat syirik ketika beliau pembelajaran nasihat, bimbingan kepaa anaknya yaitu :
Maksudnya adalah wahai anakku jadilah kamu yang berakal dan janganlah menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, baik berupa manusia, berhala, ataupun anak yang begitu ditafsirkan jalaleh. Dan ayat tadi, bersegat nahi kaidah usul fiqih menyatakan pada dasarnya larangan itu haram dengan demikian menganggap sesuatu sebagai Tuhan selain Allah, mempercayai adanya kekuatan lain selain Allah, meminta perlindungan lain selain kepada Allah hukunya haram dan haram.
Mengapa syirik dilarang?
Ayat itu menjelaskan :
Sesungguhnya syirik itu adalah kotor dan sikap zolim yang nyata. Lalu bagaimana jika dikaitkan dengan situasi sekarang terutama di negeri tercinta ini?
Ternyata praktek-praktek berbau syirik itu terus bertebaran dan berbentuk bermacam-macam.
Contohnya :
Para nelayan yang ingin memperoleh ikan banyak mengadakan upacara ritual perayaan laut dengan menyembelih kerbau dan kepalanya dibuang kelaut sebagai sesaji kepada mahluk penguasa laut, para dukun, para normal,  yang menyajikan sanggup mengatasi berbagai masalah kehidupan manusia seperti : sakit, jodoh, kematian, bencana alam, hujan, gempa bumi, dan hal-hal lain. Sebaiknya itu semua dijauhkan dari kita karena perbuatan syirik itu sangat dibenci Allah SWT. Demikian kotbah yang kami sampaikan pada hari ini dalam melaksanakan sholat jum’at memang hari yang sangat istimewa. Apabila ada salah kata yang terucap dari mulut saya, saya mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum Wr.Wb.       

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR DISINI

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Ads 468x60px

Featured Posts