Sabtu, 26 Mei 2012

RINGKASAN MATERI BAB II SEMESTER 1 KELAS IX JARINGAN KOMPUTER


BAB II SEMESTER 1 KELAS IX
JARINGAN KOMPUTER

A.    JARINGAN KOMPUTER DAN AKSES INTERNET
Fungsi Sistem Jaringan Komputer Adalah :
a.       Pertukaran data : Antara computer yang satu dng yang lain dalam jaringan dapat bertukar data dan informasi.
b.      Komunikasi, Hubungan antar computer menjadikan computer bisa saling mengakses dan berkomunikasi data bahkan suara ataupun melalui video conference.
c.       Berbagai sumber daya ( respurch Sharing ), setiap peralatan yang ada dalam jaringan computer dapat dimanfaatkan secara bersama atau bergantian.
d.      Memanfaatkan komputing power dari server, artinya segala fasilitas yang ada di computer server (penyedia layanan) yang begitu besar dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh computer lainnya ( Client). Server mengontrol informasi dan komunikasi seluruh sambungan computer yang ada dalam sebuah jariingan.

B.     Sejarah Jaringan Komputer
a.       Tahun 1940 Negara Amerika memiliki sebuah proyek pengembangan computer MODEL I di laboratorium Bell dan Group riset Harvard Universiity Pimpinan Prof. H Aiken. Pada tahun ini konsep jaringan computer lahir dengan awal mula pemanfaatan pemakaian perangkat computer bersama untuk menngerjakan bebarapa pekerjaan dengan menghemat waktu. Cara kerja konsep ini dengan proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah computer dengan kaidah antrian.
b.      Tahun 1950 tercipta super computer sehingga sebuah computer harus melayani beberapa terminal. Kemudian muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu  yang dikenal dengan host computer dan pertama kalinya network (jaringan) diaplikasiikan dengan menggunakan teknologi computer dan telekomunikasi yang berjalan sendiri-sendiri.
c.       Pada tahun 1970-an tercipta konsep proses distribbusi ( Distributed Proocessing). Padda proses ini beberapa host computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara parallel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host computer, sehingga ada perpaduan yang mendalam antara teknologi computer dan telekomunikasi.
C.     Keuntungan dan Kerugian Jaringan Komputer
a.       Keuntungan atau dampak positif jaringan computer :
1.      Berbagai peralatan dan sumber daya
2.      Integrasi data
3.      Komunikasi
4.      Keamanan (Security)
5.      Menghemat uang
6.      Reliabilitas tinggi
b.      Kerugian atau dampak negative jaringan computer
1.      Virus
2.      Kebocoran data
3.      Biaya untuk membangun jaringan
D.     Terminology jaringan computer
Terminologii jaringan adalah tipe dan desain dari sebuah jaringan, kondisi dan kebutuhan jaringan tergantung dengan kebutuhan individu masing-masing.
a.      Local Area Network (LAN)
Adalah : jaringan computer yang mencakup daerah kecil seperti area satu rumah, satu kantor maupun satu gedung. Komputer yang terhubung dengan LAN umumnya hanya beberapa jarak kilometer saja an dibangun untuk kebutuhan dalam daerah geografis yang terbatas/lingkup kecil dengan bandwith yang tinggim menyajikan konektifitas fulltime untuk servis—servis local. Teknologi terbaru dari LAN adalah Bloethooth dan WIFI.
LAN satu dengan LAN yang lain bisa dihubungkan dengan sebuah alat yang disebut Router dan akan membentuk WAN dan koneksi yang lebih besar diseluruh dunia disebut internet. 
b.      Metropilitan Area Network (MAN)
Merupakan versi LAN dengan area yang lebih luaus dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Man dapat mencakkup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN Mampu menunjang daa ddan suaram bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel. Terdapat dua jenis koneksi yaitu koneksi dengan cara Wireless atau dengan kabel fiber optic.
c.       Wide area network (wan)
Adalah jaringan computer yang mencakup area yang lebih luas,melibatkan kesatuan computer yang lebih banyak. WAN berfungsi mengoneksikan antar computer, printer dan device yang lain dalam ssatu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yagn ada di beberapa lokasi. Dibutuhkan  sebuah device untuk menghubungkan LAN-LAN dengan WAN yaitu routinternet er yang berfungsi merawat dan mengatur address- address LAN dan WAN.
d.      Internet
Merupakan sebuah jaringan computer yang besar dan dapat mencakup seluruh dunia. Gateway berguna untuk melakukan hubungan dan terjemahan yang diperlukan baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.
e.       Jaringan tanpa kabel (nirkabel/wireless network)
Sering disebut sebagai jaringan nirkabel (wireless network) merupakan jaringan yang tidak membutuhkan kabel-kabel untuk menghubungkan computer yang tergabung dalam satu jaringan.

E.     Topologi Jaringan
Merupakan gambaran dari struktur jaringan yang akan dibangun. Ada dua jenis topologi yaitu topologi logic dan topologi fisik.
1.      Topologi Logik (Logical Topology), menggambarkan cara pengaksesan media oleh host-host dalam satu jaringan. Topologi logic menggambarkan bagaimana informasi atau aliran data dalam jaringan berlangsung. Terdapat dua macam logic yaitu :
a.       Broadcast Topology
Broadcast topology : Metode untuk mengakses data, dimana ketika satu host menngirim data, maka semua host akan mendapatkan data tersebut.
Kelemahan dari metode ini adalah jika ada satu host yang sedang mengirim data maka host yang lain tidak dapat mengirm data. Apabila ada 2 host yang mengirim data secara bersamaan akan menyebabkan collision (tabrakan data). Sehingga untuk mengirim data maka berlaku hokum siapa cepat dia ddapat ( First come first serve) Teknologi LAN yang menggunakan metode broadcast adalah Ethernet.
b.      Token Passing
Host berhak mengirim data ketika ia mendapat gilirannya (mendapat token). Token yang digilirkan adalah token elektronik, dan setia[ host berhak mendapat token untuk waktu yang telah ditentukan. TTeknologi LAN yang menggunakan metode ini adalah token Ring.
2.      Topologi Fisik ( Physical Topology)
Merupakan gambaran nyata dari hubungan kabel-kabel dalam satu jaringan. Kabel atau koneksi dalam Physiicall topology adalah mengenai media jaringan (atau  media fisik).
a.       Topology Bus
Beberapa Host (node) dihubungkan dengan jalur data tunggal. Topologi bus seringkali digunakan ketika jaringannya berukuran kecil, simple, atau bersifat sementara. Topologi bus merupakan topologi yang pasif. Ketika satu computer mengirim sinyal up (dan down), semua computer dalam jaringan menerima informasi, tetapi hanya satu computer yang menyetujui informasi tersebut yaitu computer yang memiliki alamat yang sama.
Kelebihan
Kekurangan
1.      Hemat biaya
2.      Layaout kabel sederhana
3.      Mudah dikembangkan
4.      Deteksi dan isolasi keslahan sangat kecil
1.      Kepadatan lalu lintas
2.      jika salah satu client rusak jaringan tidak berfungsi
3.      Diperlukan repeater untuk jarak jauh

b.      Topologi Star ( Bintang )
Semua host dihubungkan lokasi pusat ( central location) yang dinamakan dengan hub atau switch. Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat.
Karakteristik topologi star
Kelebihan
Kekurangan
  1. Paling fleksibel
  2. Mudah merubah sambungan tanpat mengganggu bagian jaringan lain
  3. Kontrol terpusat
  4. Mudah mendeteksi kerusakan
  5. Mudah mengelola jaringan
  1. Boros kabel
  2. Perlu penanganan khusus
  3. Kontrol pusat ( Hub ) paling riskan

c.       Topologi Ring ( Cincin )
Seluruh computer dalam jaringan terhubung ;pada jalur data sambung menyambung sehingga menyerupai sebuah cincin topologi ring disrbut juga dengan topologi aktif. Metode yang digunakan dalam topologi ring adalah token passing. Jika ada kerusakan pada kabel penghubung maka menyebabkan jaringan terganggu. Untuk mengatasinya digunakan double ring, jika ring pertama rusak maka dapat digunakan ring kedua sebagai backup jaringan.
Karakteristik topologi ting
Kelebihan
Kekurangan
  1. Hemat kabel
  2. Jaringan sederhana
  1. Peka kesalahan
  2. Pengembangan jaringan lebih kaku

d.      Topologi Mesh
Seluruh perangkat dihubungkan secara penuh. Jumlah, tingkat kerummitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah host yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga reltif mahal dalam pengoperasiannya.
Karakteristik topologi mesh
Kelebihan
Kekurangan
  1. Jaringan yang rusak tidak mengganggu host lain
  2. Aliran data sangat lancer
  1. Boros kabel
  2. Jaringan sangat rumit
  3. Biaya operasional mahal

e.       Topologi Tree ( Pohon )
Disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan system yang berbeda. Pada jaringan pohon, terdapat beebrapa tingkatan simpul (node).
Keunggulan : dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhhkan pada setiap saat.
Kelemahannya : Apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berbeda dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relative menjadi lambat.
F.      Protokol
Merupakan suatu rule atau aturan main yang mengatur komunikasi data. Elemen yang penting yang terdapat di dalam protocol adalah :
a.       Syntax : Mengacu pada sturktur atau format data yaitu berkaitan dengan urutan tampilan.
b.      Semantics : Mengacu pada maksud atau terjemahan dari setiap section bit yang menyusunnya.
c.       Timing : Mengacu pada waktu kapan data harus dikirim dan seberapa cepat data akan dapat dikirim.
Contoh protocol : Protokol TCP/IP ( transfer control Protokol / Internet Protokol)
TCP/IP
Merupakan sekumpulan protocol yang melakukan fungsi komunikasi data antar computer dalam sebuah LAN dan WAN. Tiap protocol mempunyai tugas sendiri-sendiri, protocol yang satu tidak perlu mengetahui cara kerja protocol yang lain.
Layanan awal dari TCP/IP adalah FTP (File Transfer Protocol) yaitu protocol antar computer yang dapat saling mengirim file yang menggunakan mode ASCII untuk file-file teks aau mode binary untuk file dengan tipe byte-stream. Kemudian layanan WWW ( World Wide Web) yang menggunakan protocol HTTP (Hypertext Transfer Protokol).
Untuk layanan email digunakan 3 macam protocol yaitu :
  1. SMTP ( Simple Mail Transpot Protocol) digunakan untuk pengiriman email
  2. POP (Post Office Protocol )
  3. IMAP ( Internet Message Access Protokol)
POP dan IMAP digunakan untuk pengambilan email dari server.
TCP/IP memiliki 4 lapis kumpulan protocol yang disebut layer, tiap lapis memiliki fungsi masing-masing yaitu :
  1. Network Interface layer
Bertanggung jawab mengirim dan menerima data dalam medja fisik. Cara kerjanya addalah mengubah sinyal listrik menjadi data digital yang dapat dimengerti oleh computer.
  1. Internet layer
Bertanggung jawab dalam pengiriman paket ke alamat yang sesuai.
  1. Transport layer
Bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi antara dua host/computer.
  1. Aplication Layer
Terdapat disemua aplikasi yang menggunakan TCP/IP

Pengalamatan IP
Pengalamatan IP digunakan untuk mengenali cirri dari masing-masing computer. IP diciptakan tahun 1970 oleh UNIX networking. IP address merupakan bilangan biner yang pada setiap 8 bitnya dipisahkan dengan tanda pemisah berupa titik. Bentuk umumnya adalah : xxxxxxxx.xxxxxxxxx.xxxxxxxxxx.xxxxxxxxx
Dimana x dapat diganti 0 atau 1.
Kelas alamat IP
IP Adress dikelompokkan ke dalam 5 kelas, yaitu :
  1. Kelas A, digunakan untuk jaringan dengan host yang besar
  2. Kelas B, digunakan untuk jaringan berukuran sedang dan besar
  3. Kelas C, digunakan pada jaringan yang kecil misalkan LAN
  4. Kelas D, digunakan untuk keperluan IP multi casting
  5. Kelas E, jarang digunakan untuk umum.
Penggunaan IP
  1. Untuk jaringan computer sederhana, misalnya dirumah, ruangan atau kantor digunakan IP sembarang, dengan menggunakan konfigurasi yang telah umum.
  2. Untuk jaringan computer sedang atau besar, misalnya di perusahaan maka harus menghubungi administrator perusahaan aagr mendappaatkan IP legal.
  3. Untuk jaringan computer yang terhubung internet maka harus melalui ISP (Internet Service Provider) agar diberi alamat IP..
G.    Gateway
Digunakan untuk menghubungkan LAn satu dengan LAN yang lainnya atau menghubungkan LAN dengan internet atau WAN.
Apabila jaringan terkoneksi dengan internet maka pada komputer2 harus di beri nomor gateway. Nomor IP ini akan diberikan oleh ISP (Penyedia jasa layanan internet) ketika melakukan koneksi internet. 
H.    Port
Merupakan titik sambung atau tempt mengirim dan menerima data untuk identifikasi sebuah layanan dalam jaringan internet. Pada computer kita dapat melihat secara fisik port parallel, port serial, port USB. Jika sudah terhubung dengan internet maka secara fisik suddah tidak terlihat lagi


SELAMAT BELAJAR….. Semoga Suksesssss…!!!!!!
BAB III KELAS VII
PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

1.       Sistem Informasi Sederhana
Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak system informasi yang kita miliki, misalnya buku telepon, buku alamat teman, jadwal acara televise, jadwal perjalanan kereta apim dan sebagainya, semua contoh system informasi menyediakan data untuk dapat digunnakan.
2.       Peran teknologi Informasi dan Komunikasi
Komunikasi adalah kegiatan berbagi pendapat, informasi dan pesan antara berbagai pihak pada suatu waktu dan tempat tertentu. Komunikasi mencakup :
a.       Menulis dan berbicara
b.       Komunikasi bergambar
c.       Komunikasi elektronik
Contoh dampak positing Teknologi Informasi :
  1. Dunia Pendidikan
Memanfaatkan untuk mengefektifkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan mendapatkan informasi melalui internet.
  1. Dunia Ilmu Pengetahuan
Memanfaatkan untuk mengumpulkan data secara otomatis demi menemukan pemecahan terhadap masalah lingkungan dan manusia.
  1. Perbankan
Perkembangan dunia perbankan semakin cepat dengan ditemukannya kartu kredit, ATM, perbankan melalui internet, bahkan melalui telepon selular.
  1. Dunia Bisnis dan Industri
Berkembang kian efisien, setelah semua bagian terkomputerisasi. Dengan memanfaatkan computer sebagai pengolah kata dan pengolah data.
  1. Komunikasi
Voice email, faskmili, telepon selular, penyeranta (pager), email, dan percakapan jarak jauh menggunakan kamera video (video conference) semakin pesat dan berkembang dimana-mana.
  1. Pelayanan public
Pusat layanan masyarakat mampu menyimpan data yang besar jumlahnya agar dapat digunakan untuk meayani masyarakat.
  1. Bidang teknik
Para perancang gambar sangat terbantu dengan adanya CAD (Komputer aided design) perancangan dibantu computer. 
  1. Bidang kedokteran
Para dokter menjadi terbantu dalam mendiagnosa penyakit pasien dan menemukan langkah penyembuhannya. Peralatan robot membantu pembedahan, gambar computer hasil ppencitraaan tiga dimensi mampu menunjukkan letak tumor dalam tubuh. 
3.        



0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR DISINI

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Ads 468x60px

Featured Posts