Rabu, 20 Juni 2012

DEFINISI NEGARA

  Pengertian Negara Menurut Para Ahli
Apakah yang dimaksud dengan Negara ? istilah Negara berasal dari bahasa jerman dan belanda “staat” bahasa inggris “state” dan prancil “etat”, dalam bahasa latin disebut “statum”. Marcus Tullis Ciciro, “statum” diartiakn sebagai kedudukan yang berkaitan dengan kedudukan persekutuan orang. Prof. Mr. l. j. Van Apeldoom, dalm bukunya yang berjudul “inleiding tot de studie van het Nederlandsche Recht” Negara diartikan penguasa, yaitu unutuk menyatakan bahwa orang atau orang-orang yang melakukan kekuasaan tertinggi atas persekutuan rakyat yang bertempat tinggal dalam suatu daerah.
Para ahli kenegaraan memberikan batas Negara sebagai berikut :
a.    Roger F. Saltau
Negara adalah alat (egency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama rakyat.
b.    Geoge Wilhelm Friedrich Hegel
Negara adalah organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintensis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal.
c.    Geoge Jellinek
Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman diwilyah tertentu.
d.    Mr. Kranenburg
Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsa sendiri.
e.    Mirriam Budiardjo
Negara adalah suatu daerah territorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaantan dari perundangan melalui penguasa control dari kemanusiaan yang sah.
f.     Prof. Dr. Djokosoetana
Negara adalah organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada dibawah satuan pemerintah yang sama.
g.    Prof Dr. Soenarko
Negara merupakan organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan Negara berlaku sepenuhnya sebagai souverign (kedaulatan).
Berdasarkan pendapat para ahli tersebut maka Negara dapat diartikan sebagai organisasi tertinggi di antara satu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup didalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintah yang berdaulat.

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR DISINI

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Ads 468x60px

Featured Posts