Jumat, 22 Juni 2012

MATERI DEFINISI PUISI

 APA ITU PUISI??

Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang salah satu cirinya adalah memperhatikan pilhan kata dan kepaduan bunyi. Sebagian sebuah karya seni, selain untuk dibaca atau dinikmati sendiri, puisi juga dapat menjadi sebuah penampilan seni. Sebuah puisi, jika dibacakan dengan indah dan penuh penghayatan , merupakan sebuah penampilan seni yang menarik. Untuk menjadikan pembacaan puisi lebih efektif dan menarik, pembacaan pisi dengan cara dilagukan , diberi irama, atau diringi musik yang sesuai dengan isi puisi. Musikalisasi dapat membantu membangun suasana dan imajinasi kita dalam mengapresiasi puisi. Dalam pelajaran kali ini, kamu akan berlatih membuat sebuah musi- kalisasi puisi sederhana yang dapat ditampilkan.
Setelah kamiu dapatmenentukan sebuah puisi yang akan dimusikalisasi, langkah selanjutnya adalah menentkan irama yang sesuai untuk larik-larik puisi itu. Tentukanlah nada rime dan tempo yang sesuai! Manfaatkanlah alat-alat ouisi sederhana yang ada di sekitarmu seperti gitar, harmonica atau suling! Bila tidak ada alat musik, kamu dapat menyanyikan secara acapela atau bernyanyitanpa musik.
Unsur terpenting yang harus diperhatikan adalah kejelaan vocal dan penghayatanmu (ekspresi) saat menyayikan puisi tersebut. Yang diutamakan tetap isi larik-larik puisi, musik menjadi pendukung yang harus senada dengan isi puisi.

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR DISINI

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Ads 468x60px

Featured Posts