Sabtu, 26 Mei 2012

APA ITU GLOBALISASI?

PENGERTIAN GLOBALISASI
globalisasi adalah suatu proses mendunia, dimana semua peristiwa dari ekonomi, politik, budaya yang terjadi di belahan dunia telah mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia ini. Atau dapat disebut dengan pengertian yang lain bahwa globalisasi merupakan suatu proses dimana hubungan social dan saling ketergantungan antara manusia di dunia ini semakin besar. Untuk memahami pengertian globalisasi secara luas, selanjutnya marilah kita pahami pendapat dari beberapa ahli tentang globalisasi berikut ini :

a.      Martin Albowm
Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia yang tunggal, komunitas global.
b.      M. Waters
Globalisasi adalah sebuah proses social dimana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan social dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.
c.       Emmanuel Richter
Jaringan kerja globalisasi yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini ke dalam ketergantungan dan peraturan dunia.
d.      A.G, Mc Grew
Globalisasi mengacu pada keserbaragaman hubungan dan kesalingketerkaitan antara dan masyarakat yang membantu system dunia modern. Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai indiidu dan masyaraka di belahan dunia yang lain.
e.       R. Robertson
Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesalingketergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-20.
f.       Wikipedia Encyclopedia Indonesia
Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (Change) dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh pertukaran kebudayaan. Daam arti ekonomi, globalisasi mengacu terurama pada liberalisasi perdagangan bebas (Free Trade).
g.      Bank Dunia
Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dalam perusahaan untuk memperkasai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari Negara lain.
h.      IMF
Globalisasi berarti meningkatnya kesalingketergantungan ekonomi anatr Negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkatnya beragam volume transaksi barang dan jasa lintas Negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR DISINI

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Ads 468x60px

Featured Posts