Sabtu, 26 Mei 2012

RINGKASAN MATERI BAB II SMT 1 KELAS VII SEJARAH PERKEMBANGAN TIK


BAB II SMT 1 KELAS VII
SEJARAH PERKEMBANGAN TIK


A.     PENTINGNYA MAKHLUK HIDUP BEKOMUNIKASI
MH. Mempunyai kemampuan untuk saling berhubungan. Hewan pun mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi. Hewan mempunyai cara sendiri untuk berkomunikasi sebagai contoh :
a.       Lebah madu, menirukan gerakan dengan pola tertentu untuk memberitahu teman-temannya tentang tempat untuk mendapatkan makanan.
b.      Lumba-lumba mampu mengeluarkan suara tertentu untuk memberitahu teman-temannya
c.       Kera membuat mimic wajah tertentu untuk menyatakan perassaan terhadap kawannya.
Agar berkomunikasi berjalan lanncar didukung oleh 4 hal, :
d.      Pengirim informasi : pihak yang memberi informasi
e.       Penerima informasi : semua pihak yang mendapatkan informasi
f.       Media komuniikasi : meliputi indra manusia sendiri dan saran atau teknologi komunikasii yang digunakan
g.       Bentuk komunikasi : Meliputi komunikasi tertulis, lesan dan isyarat


B.     KOMUNIKASI JAMAN DAHULU
Untuk berkomunikasi pada sesamanya manusia menciptakan bahasa. Dan symbol – symbol tertentu yang mewakili cara bercakap – cakap melalui tulisan.
Di Babilonia ditemukan huruf paku
Di mesir ditemuukan huruf Hierogliph
Sejak ditemukan kertas tulisan, dibuat di atas kertas
Cara mereka bercakap—ccakap telah melahirkan bahasa, dialek dan sastra. Nenek moyang kita menemukan cara mengirimkan pesan sederhana. Pesan tersebut disampaikan dengan cara-cara tertentu agar dapat didengar atau dilihat dari jarak jauh, misalnya :
  1. Pukulan gendering
  2. Isyarat api atau asap
  3. Lentera penyorot
  4. Merpati pos
  5. Metode sandi
Metode ini bersifat darurat dan harus dibaca oleh penerima dari ajrak jauh. Contoh isyarat yang merupakan sandi sebagai berikut :
a.       Isyarat semaphore, ditemukan oleh angkatan bersenjata. Sandi semaphore menggunakan kedua tangan untuk memegang bendera. Dengan gerakan tertentu mewakili huruf.
b.      Isyarat morse, sandi morse ditemukan Samuel F.B Morse (1791-1871). Tiap susunan kode mewakili huruf. Susunan terdiri atas titik dan strip. Lama strip adalah 3 x lama tempo pada titik. Sandi morse disampaikan dengan system radio telegram padda jarak jauh.

C.     Perkembangan Alat Hitung
Awalnya manusia belum mengenal lambing bilangan. Tetapi manusia pada jaman dahulu dapat menghitung hewan ternak yang dimilikinya, setiap mereka melepaskan ternaknya untuk digembalakan, mereka membuat keratan pada pohon. Setiap keratan untuk satu hewan ternak . ketika mereka membawa pulang hewan ternaknya, mereka mencocokkan setiap hewan ternak dengan setiap keratan pada pohon tadi. Dengan cara seperti itu manusia jaman dahulu berhitung.
Semakin lama cara berhitung mulai berkembang. Mulai menggunakan peralatan yang adda di lingkungan sekitar. Seperti jari tangan, batu kerikil, serta simpul-simpul pada tali untuk mencatat perhitungan setiap lambing bilangan dilambangkan oleh susunan simpul-simpul yang khusus. Seiring dengan waktu dan ditemukan lambing bilangan, alat hitung mengalami kemajuan.

D.     Era teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi terdiri dari teknologi pengolahan dan penyebaran dat dengan menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dari computer, telekomunikasi dan elektronika digital.
Perkembangan computer tidak lepas dari system bilangan yang telah diperkanalkan oleh nenek moyang umat manusia kurang lebih 3000 SM. Melalui perkembangannya manusia membuat alat Bantu untuk keperluan hitung menghitung. Kira – kira 2600 SM manusia mengembangkan alat Bantu untuk menghitung yang sekarang dikenal dengan nama “ Abacus” (Sempoa). Alat ini merupakan cikal bakal dari alat hitung.

1.      PRA SEJARAH
a.       Abacus : alat hitung sederhana yang ditemukan di Babylonia (Irak) 4 abad sebelum masehi. System perhitungan bangsa Arab diperkenalkan ke Eropa pada abad 8 M, dengan memperkenalkan konsep nol (0), angka puluhan, ratusan, dan ribuan.
b.      Wilelm Schictsakard membuat kalkulator mekanik pertama padda tahun 1623, kalkulator mekanik tersebut bekerja dengan 6 digit.
c.       Blaise pascal membuat kalkulator mekanik tahun 1642, kalkulator mekaniknya berkapasitas 6 digit.
d.      Joseph-Marie Jacquaard menemukan alat perkakas tenun otomatis yang dikontrol oleh Punch Card.
2.      ELEKTRONIK
a.       Kontrad Zuse insinyur Jerman membuat kalkulator yang dapat deprogram pada tahun 1941.
b.      Colossus computer Inggris yang digunakan untuk memecahkan kode diperasikan tahun 1943. ENIAC (electronic Nimerical Intehrator Analyser and Computer ). Dikembangkan oleh Ballistics Research Laboratory di Maryland)
c.       Bell Telephonne Laboratories mengembangkan transistor pada tahun 1947.
d.      Mark I, merupakan kalkulator berukuran panjang setangah lapangan sepakbola dan memiliki rentang kabel 500 mil menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponenn mekanik. Kalkulator ini dibuat tahun 1949 mampu melakukan perhitungan aritmatika.
e.       UNIVAC (Universal automatic computer) dibuat tahun 1951 merupakan computer serba guna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat  disbanding mark 1.
f.       EDVAC (Electronic discrete variable computer) dibuat tahun 1952 dengan kemampuan memory untuk menampung program atau data.
g.       Txas instruments dan Fairchild semiconductor mengembangkan integrated circuit (IC) tahun 1959.
h.      IBM 360 diperkenalkan pada bulan April 1964 dan menjadi standar computer mainframe. Sampai pertengahan tahun 80-an, IBM 60 dan keturunan

3.      MINI KOMPUTER
a.       Ivan Sutherland mendemonstrasikan program bernama Sketshpad pada computer mainfrasmee TX-2 di Lab MIT tahun 1962. Program ini untuk menggambar dengan menggunakan pena. Mini Komputer harganya sekitar 20.000
b.      Tahun 1965 IC yang pada tahun 1959 berharga 1.000 dollar saat itu hanya berharga kurang dari 10 dollar. Gordon Moore memperkirakan bahwa jumlah komponen pada IC akan bertambah dua kali lipat setiap tahun. Ini disebut hokum Mooore.
c.       Dug Engelbert mendemonstrasikan Word Processor tahun 1968.
d.      Goordon Moore dan Robert Noyce mendirikan intek tahun 1968.
e.       Fairchild Semiconductor memperkenalkan 256-bit RAM Cip tahun 1970.
f.       Diakhir tahun 1970 intel memperkenalkan RAM 1K dan 4-bit microprocessor (4004). Dua tahun kemudian muncul versi 8008 (8-bit microprocessor).

4.      KOMPUTER MIKRO (MICRO KOMPUTER)
a.       Bill gates dan paul Alien menjual computer penganalisis lalu lintas 1971
b.      Pada tahun 1972 Gary Kildall membuat PL/M, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama untuk microprosessor
c.       Steve Jobs dan Steve Wozniak membuat dan menjual 9blue boxes” di Southerm California tahun 1971.
d.      April tahun 1972 intel memperkenalkan 8008 microprocessor 8-bit pertama
e.       Paul Alien dan Bill Gates membuat bahasa BASIC untuk Altair 8008 Microsoft dilahirkan.
f.       Thun 1977 Apple menjual Apple seharga 1.195 dollar termasuk RAM 16 K, tetapi tanpa monitor sampai tahun 1980, Apple mendapat 50 % pasar computer personal.
g.       Tahun 1980 Microsoft mendekati IBM untuk mengembangkan BASIC untuk proyek computer personal (PC). IBM PC dipasarkan pada Agustus 1981.
h.      The Apple Macintosh keluar tahun 1984 memperkenalkan graphic interface sederhana menggunakan CPU Motorola 8 Mhz 32 bit.
i.        Microsoft windows 1.0 dipasarkan pada November 1985. penjualan Microsoft untuk 1989 mencapai 1 milyar dollar ini adalah tahun pertamanya.

5.      NETWORK
Konsep menghubungkan banyak pengguna ke satu computer diperkenalkan MIT tahun 1960-an :
a.       ARPANET muncul tahun 1969
b.      Bob Kahn dan Vint Cherf menggunakan ide dasar internet pada tahun 1973.
c.       TCP/IP (Transmission Control Protocol and Internet Protocol) dibuat sebagai standar untuk ARPANET tahun 1982.
d.      Pada tahun 1987 jumlah host network mencapai angka 10.000
e.       Tahun 1989 jumlah host network mencapai angka 100.000
f.       Tim Berners-Lee membuat word Wide Web pada tahun 1991 dan CERN membuat Web Server pertama.
g.       Tim burners-Lee membuat Wide Web pada tahun 1991 dan CERN membuat WEB Server pertama
h.      Pada tahun 1992 jumlah host network mencapai 1.000.0000

6.      KOMPUTER SAAT INI
Kompuuter modern dapat dibedakan sebagai berikut :
a.       Berdasarkan ukuran kemampuannya, computer dibagi 5 bagian, yaitu :
1.      Superkomputer : Jenis computer yang paling powerfull. Computer jenis ini digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan perhitungan sangat kompleks. Superkomputer digunakan oleh Universitas, pemerintah dan perusahaan besar.
2.      Mainframe computer : Dpt melayani ribuan pengguna, menangani input dan output dan penyimpanan data sangat besar. Mainframe digunakan di lingkungan dimana banyak pengguna memerlukan akses untuk menjalankan program dan memakai data secara bersama-sama . mainframe digunakan sebagai server e-comerce menagani transaksi lewat internet.
3.      Minikomputer : Ukurannya lebih kecil dari mainframe, tetapi lebih besar daripada micro computer. Mini computer memiliki banyak terminal dan digunakan sebagai server jaringan computer atau server internet.
4.      Workstation, adalah computer single user (digunakan oleh satu orang saja) yang memerlukan perhitungan kompeks, seperti pembuatan animasi computer.
5.      Microkomputer/Personal Komputer (PC) mencakup desktop computer, laptop/notebook computer, dan handed seperti PDA.
b.      Berdasar data yang diolah, computer terdiri 3 bagian, yaitu :
1.      Komputer analog, merupakan jenis computer yang dibuat untuk mengolah data kualitatif, seperti pengukuran kecepatan suara, temperature, dan lain-lain.
2.      Komputer digital, merupakan jenis computer yang dibuat untuk mengolah data kuantitatif berupa angka dan huruf,
3.      Komputer Hybrid, merupakan kombinasi antara digital dan analog. Jenis data yang diolah dapat berupa kuantitatif maupun kualitatif. Intup data berupa kualitatif sedangkan outputnya dapat berupa kuantitatif atau sebaliknya.
c.       Berdasarkan penggunaannya, computer terdiri 2 bagian yaitu :
1.      Komputer untuk tujuan khusus (special purpose computer), merupakan jenis computer yang di desain untuk melakukan aplikasi spesifik. Seperti perhitungan untuk bursa atau saham.
2.      Kommputer untuk tujuan umum (general purpose computer), merupakan computer yang di desain unuk dapat diaplikasikan dalam banyak hal. Aplikasi ini misalnya pehitungan gaji, membuat stok barang, ramalan penjualan, pengendalian operasi mesin dan lain-lain.
d.      Berdasarkan kapasitas dan ukurannya, computer terdiri 6 bagian yaitu :
1.      Komputer mikro (microcomputer)
2.      Komputer mini (mini computer )
3.      Komputer kecil (small computer)
4.      Komputer menengah (medium computer )
5.      Komputer besar (large computer)
6.      Komputer super (super kompuuter)
e.       Berdasakan generasi, computer terdiri 5 bagian, yaitu :
1.      Komputer generasi pertama (1946-1959) : ditandai dengan lahirnya mesin ENIAC (Electronic Numerical Integrator and computer )
2.      Komputer generasi ke dua (1959-1964) : ditandai dengan adanya computer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies )
3.      Komputer generasi ketiga (1964-1970) : ditandai lahirnya computer komersil. Yaitu UNIVAC (Universal Automatic Computer ) dan keluarnya seri IBM pertama.
4.      Komputer generasi ke empat (1971-1979) : ditandai lahirnya microprocessor pertama intel 4004, 8086, 8088.
5.      Komputer generasi kelima
f.       Perkembangan Processor
Processor merupakan otak computer yang membaca instruksi program yang tersimpan di memori, kemudian melaksanakannya secara cepat. Program computer memerintahkan processor untuk memindahkan data dari satu lokasi memori ke memori lokasi lainnya, memindahkan ke memori local atau menyimpannya di register.
Processor dikenal dengan CPU (Central Processing Unit ). Processor yang paling familiar di Indonesia bermerk intel yang dikeluarkan perusahaan Intel Corporated, dengan processor sebagai berikut :
1.      Komuter XT dengan processor INTEL 8088 atau 8086
2.      Komputer AT dengan processor INTEL 80286, 80386, 80586, dan 80586
3.      Komputer dengan processor INTEL Pentium I, Pentium II, Pentium III dan Pentium IV.



Selamat Belajar..!!!Semoga Sukses !!!
 

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR DISINI

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Ads 468x60px

Featured Posts